Kamis, 28 April 2016

Kajian Pra Nikah

Kajian Pra Nikah
Masjid Pangeran Diponegoro, Yogyakarta
Kamis, 28 April 2016

Q.S. Ar-Rum : 21
"Diantara tanda kekuasan-Nya ialah menciptakan pasangan-pasangan bagi kalian dari jenismu sendiri (sesama manusia) agar kamu merasa tenteram."

Kriteria Pasangan:
- Sekufu
Dalam arti sekufu yaitu seimbang dan sepadan.

- Visi & Misi
Memiliki arah tujuan pernikahan yang sama atau dapat di terima satu sama lain.

- Agamanya Baik
Pilihlah calon pasangan yang memiliki pribadi agama yang baik, dalam arti telah terbentuk karakter dalam beragama, mampu menjadi imam ataupun makmum yang baik dalam membina keluarga.

- Referensi
Dalam hal ini referensi dimaksutkan kepada rujukan, baik kitab, buku, maupun ustadz.

"Hendaklah kalian mencari pasangan dari jenismu sendiri (manusia) yang sekufu agar kalian merasa tenteram."

Keluarga yang baik ialah keluarga yang di dalamnya terdapat waktu maupun kebiasaan untuk mempelajari Al-Qur'an bersama-sama.

Jika suami memberikan izin kepada istri untuk bekerja, maka wanita (sang istri) haruslah ingat kepada fitrahnya sebagai wanita, yaitu:
- Hamba Allah
Dalam karirnya tentu sang istri harus tetap melindungi auratnya, jangan mencari pekerjaan yang memintanya untuk melepaskan hijabnya.

- Istri
Ingatlah bahwa dirimu merupakan istri, seorang makmum. Bukanlah tiada keutamaan maupun sunnah untuk seorang istri ikut bekerja dalam maksut untuk membantu perekonomian keluarga, maka meskipun engkau (istri) bekerja, tetaplah ingat bahwa engkau adalah seorang istri yang memiliki keutamaan untuk melayani suami.

"Hasil gaji (uang) pekerjaan dari suami merupakan untuk dan milik keluarga (istri dan anak-anak), namun hasil gaji istri yang bekerja hanyalah milik seorang istri, karena bukan tanggung jawab istri untuk menafkahi keluarga."

- Ibu
Hak anak-anak dari seorang ibu tidak dan jangan sampai di tinggalkan.

"Kewajiban seorang suami yaitu sebagai imam, dengan menyanggupi hak dari seorang istri, begitupun sebaliknya, kewajiban istri ialah memenuhi hak dari suaminya."

Tanamkan kepercayaan dan rasa pengorbanan terhadap diri anda (suami dan istri) agar keluarga anda menjadi sakinah, dan usahakan pengorbanan yang anda telah kerjakan tidak diketahui oleh pasangan anda.

Q.S. Al-Anfal : 2
"Sesungguhnya tanda cinta itu ialah dengan memberikan rasa kepercayaan."

Semoga ketenteraman dan kebahagiaan akan menaungi seluruh keluarga umat muslim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar