Minggu, 19 Oktober 2014

DOM - "Pengetahuan Tambang Umum"



DOM
DOM merupakan suatu sistem ventilasi di tambang bawah tanah (underground mine) yang berfungsi sebagai penyalur angin segar, penghisap angin kotor, panas dan kelembaban dari area kerja tambang bawah tanah melalui beberapa terowongan hisap ventilasi dan lubang ventilasi.Contoh perusahaan tambang dalam negeri yang menggunakan sistem DOM adalah PT. Freeport Indonesia (PTFI).
PTFI mempunyai 5 unit DOM Fan yaitu nomor 11, 12, 13, 14, 15  masing-masing mempunyai kekuatan 1.000 hp yang dipasng di permukaan tanah di area DOM pada ketinggian 3.970 meter di atas permukaan laut. DOM Fans bersama-sama dengan 2 unit baru mixed flow fan DOZ nomor 16 dan 17 digunakan untuk mendukung operasi tambang bawah tanah Deep Ore Zone (DOZ) PTFI. Berbeda dari Fixed Flow Fan DOZ, DOM Fan berjenis centrifugal, dimana arah angin yang dihisap tegak lurus dengan arah angin yang di keluarkan.
Berbeda pada DOM Fan nomor 12 dan 15 di pasang dan digunakan pada tahun 2000, dan DOM Fan nomor 13 dan 14 mulai digunakan pada tahun 2001, sedangkan DOM nomor 11 pada awlnya hanya berkekuatan 600 hp yang mulai digunakan pada bulan Mei 1998 untuk mendukung tambang bawah tanah DOZ dan pada tahun 2003 di modifikasi menjadi 1000 hp untuk mendukung produksi tambang DOZ dari 25.000 tpd (ton per hari) menjadi 35.000 tpd.
Sistem ventilasi merupakan sebuah trobosan untuk kenyamanan dan keselamatam para pekerja tambang bawah tanah, karena tidak dipungkiri banyak senyawa-senyawa berbahaya atau tidak dapat diterima oleh tubuh manusia yang terdapat di bawah tanah. Sistem ventilasi tersebut biasanya di bantu dengan terowongan hisap dan lubang tegak ventilasi (ventilation raise).Tambang dengan ventilasi angin-angin yang baik juga sangat mempengaruhi produksi yang dihasilkan, kesehatan dan safety.
Kombinasi DOM Fan mempunyai kemampuan untuk menarik angin melalui jaringan ventilasi yang ada sebesar 2,3 juta cfm (kaki kubik per menit) dari total 4 juta cfm kebutuhan untuk produksi 50.000 tpd tambang DOZ. Sisanya didapat dari kedua Mixed Flow Fun DOZ baru dengan kekuatan 2.200 hp yang di pasng di New Exhaust Drift nomor 1 dan 2, peningkatan kuantitas angin yang dihisap ini dibantu dengan cara membuat beberapa penambahan-penambahan terowongan Intake dan Exhaust baru di tambang DOZ.
Kinerja keselamatan dan kesehatan kerja pada setiap perusahaan pertambangan merupakan suatu bagian yang harus benar-benar diperhatikan oleh pihak pengelola, karena hilangnya nyawa pada setiap pekerja berarti telah menghilangkan hidup orang-orang yang bergantung padanya, karena mereka punya anak, dan istri, dari situlah K3 merupakan organ vital dari suatu industri pertambangan . DOM Fan merupakan salah satu standarisasi industri pertambangan , khususnya tambang bawah tanah.Kematian di tempat kerja yang disebabkan oleh gas-gas beracun merupakan suatu hal yang mutlak tidak dapat diterima oleh suatu industri tambang.
Dan jika hal itu terjadi maka perusahaan harus secepatnya mengidentifikasi akan permasalahan kematian-kematian para pekerjanya dan merencanakan serta melaksanakan tindakan guna mencegah kejadian tersebut terulang kembali di kemudian hari.
Tujuan dibuat DOM Fan tambang adalah
1.     Menyediakan udara bersih dan Oksigen yang cukup untuk kebutuhan pernapasn pekerja tambang dan proses kegiatan di dalam tambang.
2.     Mengencerkan konsentrasi gas -gas beracun dan berbahaya dan debu dalam tambang sampai di bawah NAB dan mengeluarkanya dari dalam.
3.     Menjaga suhu dan kelembaban udara tambang sehingga dapat menjaga kenyamanan pekerja.
Tambang bawah tanah juga mempunyai DOM Fan Tambang.
Ventilasi Alam
1.     Prinsip ventilasi alam ini adalah udara dari atmosfer dapat mengalir dengan sendirinya ke dalam tambang.
2.     Pengaliran udara tersebut disebabkan tekanan udara di luar lebih besar daripada udara dalam tambang.
Ventilasi Buatan
1.     Sistem Hembus / Tekan (Forcing system)
2.     System Hisap (Exhausting System)
Kualitas Udara Tambang
1.     Gas
2.     Debu
3.     Suhu
4.     Kelembaban




Komposisi Gas Dalam Udara
NO.
JENIS GAS
% VOLUME
% BERAT
1
Nitrogen
78.09
75,55
2
Oksigen
20,95
23,13
3
CO2
00.03
00.05
4
Argon
0,93
1,27

Gas Tambang Dan Alat Deteksi NAB dan Pengaruh Gas Tambang
GAS
SG
NAB %
TOTAL POINT %
PENGARUH
O2
1,16
19,6
6,0
Tidak Beracun
N2
0,97
80,0
-
Tidak Beracun
CO2
1,53
00,5
13,0
Menyesakkan
CH4
0,55
01,0
5 -15
Meledak
CO
0,99
00,01
0,03
Beracun, Meledak
NO2
1,59
00,0005
0,005
Beracun
H2S
1,19
00,02
0,1
Beracun, Meledak
SO2
2,26
00,0005
0,1
Beracun

Alat / Metode Deteksi Gas Tambang
GAS
ALAT/ METODE DETEKSI
CH4
Flame Safety Lamp /oxidation catalyc
O2
Sda + liquid obs. Stain tube / oxytec
CO2
Liquid Abs. Stain Tube
CO
Liquid Abs. Stain Tube
NOX
Electro chemical sensor stain tube
H2S
Electro chemical sensor stain tube
SO2
Electro chemical sensor stain tube
H2
Electro chemical sensor stain tube
RADON
Radiation detector

Pengukuran kuantitas udara merupakan aspek penting untuk memantau distribusi aliran udara, demi terciptanya kondisi kerja yang nyaman, aman serta dapat menunjang produktifitas pada tambang bawah tanah oleh karena itu pengukuran kuantitas harus selalu dipantau agar selalu mencukupi.
Pengukuran kualitas udara dalam tambang bawah tanah tidak hanya dilakukan sesekali saja , melainkan setiap hari harus diadakan pengukuran kualitas udara. Definisi dari pengukuran itu adalah pengukuran volume udara yang mengalir dalam satuan waktu pada lubang bukaan tambang bawah tanah dengan menggunakan vane anemometer . Seiring dengan kemajuan teknologi kini telah dikembangkan camera monitoring CIP Tunel hingga DOM dengan sistem kendali jarak jauh untuk kontrol start-stop DOM Fan .Sistem monitor curah hujan dari ruangan tertentu pengawas dapat memantau langsung jalanya kegiatan produksi melalui tampilan laporan-laporan produksi yang ada di layar monitor. Selain itu pengawas field safety officer (FSO) dan pihak-pihak lain yang berkepentingan dapat memantau berbagai keadaan yang ada dalam tambang tanpa harus terjun secara langsung. Petugas dapat dengan mudah start / stop DOM Fan dengan mudahnya.
Pada dasarnya DOM Fan merupakan salah satu cara mengendalikan udara dalam tambang bawah tanah. Pengendalian kuantitas berkaitan dengan beberapa masalah berhubungan dengan perpindahan udara. Arah aliran dan jumlah aliran udara. Dalam pengendalian kualitas udara baik secara kimia maupun fisik udara segar perlu di pasok dan pengotor seperti debu, gas, dan udara lembab harus dikeluarkan oleh sistem ventilasi. Dengan memperhatikan beberapa faktor tersebut maka kebutuhan udara segar dalam tambang bawah tanah kadang -kadang lebih besar dari pada 200 cfm/ orang atau bahkan hingga 2.000 cfm / orang. Kondisi ini sudah banyak yang menyediakan aliran udara sebanyak 10- 20 ton udara segar, per ton mineral tertambang ventilasi tambang biasanya merupakan contoh aliran tunak(steady) artinya tidak ada satupun variabelnya yang  merupakan fungsi waktu. Salah satu tujuan dari perhitungan DOM Fan pada tambang adalah penentuan kuantitas udara dan rugi-rugi yang keduanya dapat dihitung berdasarkan perbedaan energi. DOM Fan pada tambang di gunakan untuk memenuhi persyaratan kenyamanan kerja di tambang bawah tanah yang kelanjutanya dapat meningkatkan efisiensi dan juga meningkatkan produksi.

Gambar. DOM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar