Minggu, 19 Oktober 2014

Tugas V - Kalsedon Permodelan dan Estimasi Cadangan


Nama                   :         Septian Nurcahyo           (710012111)


Kelas          :         01

PermodelandanEstimasiCadangan

Tugas V

1.     Buatlahkelompokdenganmaksimal 3 orang.
2.     Download PP nomor 23 tahun 2010 tentangPelaksanaanKegiatan Usaha Pertambangan.
3.     Tugaskelompoknya yang batuan.
4.     Buatlah:
-         Rumus Kimia
-         Genesa
-         Eksplorasi (Kegiatan / Alat)
-         Penambangan
-         Pengolahan
-         Pemanfaatan
-         Pemasaran
-         Letak di Indonesia

KALSEDON

Kalsedonmerupakansalahsatuvariasi mineral silica yang terbentukolehpengendapanbertahapsehinggamemberikankenampakanberlapisdarilarutan silica koloidtidakjenuhdidalamronggaataucelah-celahbatuanpenangkap. Silica koloid (agar-agar silica) tersebutberasaldari mineral lempungataubatuanpiroklastik yang mengalami proses diagenesekhususnyakarenapengaruh air tanah. Kalseddonberlubang-lubanglembutsehinggamemungkinkandiberimacam-macamwarnadidalamnya.Warna yang utamadarikalsedonadalahhijau (dikenalsebagaiKrisopras) tetapiadajuga yang berwarnamerah (Karnelian), coklat (Sordion), menunjukkanperlapisan yang konsentris (Agat), perlapisansejajar (Oniks), oniksmerah (Sardonik).

Batu yang sekarangdisebutkalsedonadalahkuarsajeniskriptokristalin (memilikistrukturkristal yang sangathalus) yang transparanatautembuscahaya. Kalsedontidaksekeraskuarsamurni, danterdapatdalamjumlahbesar di rongga-ronggabatuvulkanis.Kalsedon yang biasatidaksepenuhnyatransparan, tetapimemilikibintik-bintikdanpusaranputih-susu.Kalsedonmerupakanbatu yang umumdijadikanpermataberukirpadazamandahulu.NamanyadiambildarinamasebuahkotaYunanikuno, Kalsedon (di Asia Kecil), yang pernahmenjadisumber mineral tersebut.Semuabatu yang terdiridari microcrystalline atau cryptocrystalline dalamberbagaibatukuarsadisebutbatukalsedon (yang artinyajikatanpabantuanmikroskop, kristal-kristalkuarsa yang tersusunamatrapat di dalamnyaakanteralukeciluntukdilihatolehmatatelanjang). Termasuk mineral yang keras, nilaikerasnya 6.5-7 dalamdaftarkerasMohs.Tidaksepertibatu-batukuarsalainnya yang sepertikristal. Batukalsedonbanyakberlubang-lubanglembut, sehinggagampanguntukdiberiwarna-warnakhususdalambatutersebut.Batukalsedontertentuakanmengkilaudaridalamsetelah dipoles secarateratur.

Deskripsi mineral
Namageologi :Kalsedon (mikrokristalinkuarsa)
Kelompokmineral :Silikat
Rumuskimia : SiO2

SifatFisik                                
a.       Warna : Orange translucent
b.       Kilap :Kaca
c.       Cerat : Orange keputih-putihan
d.       Kekerasan : 6,5-7
e.       Belahan : -
f.       Pecahan :Konkoidal
g.       SifatDalam : Brittle
h.       Bentuk :Kristalin
i.        Struktur :Kriptokristalin
j.        KetembusanCahaya : Transparant to opak
k.       Kemagnetan :Diamagnetik


Rumus Kimia
          Kalsedonatau Chalcedony mempunyairumuskimiayaitu SiO2.


Genesa
          Sebagian besar dari kalsedon terbentuk dari presipitasi mikrokristalin dari larutan atau sebagai dehidrasi dari opal pada lingkungan dengan temperatur yang rendah (100-150oC). Chalcedony atau Kalsedon merupakan semua terminologi yang diketahui termasuk dalam kelompok batu mulia kriptokristalin kuarsa (cryptocrystalline quartz gemstone). Menurut literatur lain kalsedon merupakan susunan mikro- atau kripto-kristalin kuarsa dan moganite yang sangat baik, keduanya mineral silika, tetapi mereka berbeda dalam kuarsa yang memiliki struktur kristal trigonal, sedangkan moganite adalah monoklinik. Struktur kimia standar Chalcedony (berdasarkan struktur kimia kuarsa) adalah SiO2 (silikon dioksida). Kalsedon murni mungkin berisi jumlah jejak silanol (OH) kelompok. Meski memiliki senyawa kimia yang identik dengan kuarsa, chalcedony bersifat lebih larut dibandingkan kuarsa pada temperatur yang rendah. Kemugnkinan hal ini disebabkan oleh kristal chalcedony yang lebih halus sehingga memiliki rasio luas permukaan dan volume yang lebih tinggi. Kelarutan yang lebih tinggi ini juga diperkirakan karena keberadaan moganit.

Eksplorasi
TeknikEksplorasi yang digunakanhanyalahmengikutidaerah yang diyakiniterdapatpolaalirandanendapankalsedon.Peralatan yang digunakandalamkegiataneksplorasikalsedonyaitutidakdenganmenggunakanalatberatdanbahanpeledak, danhanya di perbolehkanmenggunakanpompamekanik, penggelundunganataupermesinandenganjumlahtenagamaksimal 25.

Penambangan
          Teknik Penambangan batuan kalsedon dilakukan dengan sistem penambangan rakyat, dengan peralatan. Pada umumnya dilakukan sebagai pekerjaan sambilan. Dilakukan dengan alat sederhana dengan cara digali berdasarkan atas indikasi permukaan. Untuk endapan sungai dalam bentuk krakal-bongkahan tinggal melakukan pengumpulan. Dalam hal ini kejelian berdasarkan pengalaman lapangan sangat menentukan didalam memilih bahan baku batu mulia.

Pengolahan
          Kalsedon yang berasaldaripenambangan, dipotongdengangergajibatu, dipotongdengandisesuaikanberdasarkanukurandanbentuk yang diinginkan.Tahapberikutnya dipoles.Kemudiankalsedondimanfaatkansebagaibatumuliaataupununtukhiasan/ornament.
          Pengolahandarikelompokkalsedondiawalidenganpemilihan, penggergajiandanpemolesansesuaidenganbentuk yang diinginkan.Pemanfaatanterutamauntukhiasandanbatupermata.Ketelitiandidalammengasahdanmembentukmemilikisenitersendirisehinggatidakmengherankanapabilahiasan/batupermata yang telahberhasildibentukmempunyaihargasampaipuluhanjuta rupiah.

Pemanfaatan
Kalsedon biasa dimanfaatkan sebagai batu mulia, dalam arti untuk hiasan, ornamen dan permata. Namun beberapa orang mempercayai bahwa kegunaanataumanfaatBatukalsedondipercayaimemilikipengaruh-pengaruhantaralain;
1.       Meningkatkan stamina, vitalitasdanpertahanantubuh.
2.       Menstimulasikreativitasdanperasaan.
3.       Membantumenyembuhkanpenyakitmatatertentu.
4.       Membangkitkan rasa optimisdanmengurangikesedihan.
5.       Sebagaibatusuciuntukupacaraupacara spiritual tertentuoleh orang India            Amerikaperibumidisana.

Pemasaran
BatuakikSukodonotelahmenghar­umkannamaPacitan. Berkatpegrajinbatuakikdesaini, namaPacitandike­nalpenggemarbatumuliadaridalamdanluarnegri. “Pacitansudahmen­jadiprodusensekaligus bursa batuakik yang paling banyakdidatangipembelidari Australia, Korea, Jepangdanbanyaklagi.”
Batukalsedon yang telahdiolahsepertibatuakikakan di pasarkankepadakonsumenpecintabatuakikataubatumulia, sedangkanhasilolahankalsedon yang di bentukmenjadi ornament akandipasarkankepadaparakonsumenpecintabarang furniture.



Letak di Indonesia
Tempatdiketemukankalsedon di Indonesia ditemukanmengikutijalurpenyebarangunungapimulaidari Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timurhingga Sulawesi.Kelompokkalsedontersebut di bawahinicukupbaikuntukbatupermatadanbatuhias.Tempat-tempattersebut yang telahdiusahakanolehrakyatadalah:
-         Jawa Barat      :         Jampangtengah, Sirnasari, Kab. Sukabumi (terdapatsebagaiendapanrombakanpadaalira S. Cijambe, warnakalsedonputih, kekuningan, kelabuukuran 5-25 cm, sudahdiusahakanpenduduk); Jampang Tengah Cikanyere, Kab. Sukabumi (mengisipadarekahanbreksivolkanik, kadang-kadangmembentukbongkahanpadaaliran S. Ciseuruh), telahdiusahakanolehpenduduksetempat); Jampangtengah, Ciseuruh, Kab. Sukabumi (berupabongkahpadaendapanS.Ciseuruh, warnaputih, ukuran 5-15 cm); Jampangtengah, Malingping, Kab. Sukabumi (berupaendapanrombakandanbongkahan yang tersebartakmerata, warnaputih, kelabu, merah, telahdiusahakanolehpenduduk); Jampangtengah, puncakManggu (berupabongkahanlepas, tersebartakmeratapadatanahpelapukanbreksivulkanik, warnaputihkekuningan, ukuran 5-20 cm, telahdiusahakan); Jampangtengah, Cipetai, Kab. Sukabumi (terdapatsebagaibongkahdalamendapan alluvial dialiran S. Cipetai, warnaputihsampaimerahdagingukuran 2-5 cm, telahdiusahakan); WaluranKab. Sukabumi (berupabongkahpadatebingterasdanaliran S. Cihanjuang, warnaputihsusu, ukuran 10-25 cm, telahdiusahakan); Cijambe, Kab. Sukabumi (bongkahanpadaendapan alluvial aliran S. Cikarang, warnaputihkelabu, ukuran 5-30 cm, telahdiusahakan); CigelangKab. Sukabumi (bongkahanpadaaliran S. Cipanarikan, warnaputih, coklatsampaimerahdaging, telahdiusahakan); Pasir Sandi, Kec. SajiraKab. Lebak (berupabongkah/pengisirongga-ronggadalambatuantufputih, beningtebal 1-2 cm, telahdiusahakan); CijambiKab. Sukabumi (sebagai jasper berbentukbongkah-bongkahpadaaliran S. Cikarang, warnamerah, telahdiusahakan); Jampangtengah, CipetaiKab. Sukabumi (berupabongkahpadaaliran S. Cipetai, warnamerah diameter 1-3 cm, telahdiusahakan); Bungbulang, Kab. Garut, (merupakankrisoprasmengisiuratdalambatuanvulkanik, telahdigalipenduduk).


-         Jawa Tengah   :         Daerah Rah TawuKec. Batuwarno, Kab. Wonogiri (sebagaipengisianpadabatuandasitdenganstrukturgigi, system Kristal hexagonal taksempurna); Daerah sekitar K. TirtomoyoKab. Wonogiri (sebagaipengisianrongga-ronggadalam lava basalt denganukuran 1-20 cm, warnakelabu-putihkecoklatan, mikrokristalindantransclusent.


-         JawaTimur      :         Kec. Badegan, Kec. Cekopo, Kec. Mrayan, danKec. KalikedungSemar, DesaBadegan, Kab. Ponorogo (terdapatsebagaiKalsedon, krisoprasdanagatformasiandesittua, padabatuan basalt, dasitdanbreksisebagaipengisironggadanrekahan):Kec. Tulakan, Kec. Bandar, DesaJatisaridanJajar, Kalingagik, K. Klandang, G. Gunggeng, K. Watupatok, K. Kopo, Desa Bandar, Kab. Pacitan (terdapatpadaformasiandesittua, pada lava basalt sebagaipengisirekahan/rongga); Kab. PonorogoKec. Ngrayan, Badegan, Kec. Badegan, CepokodanMrayan (di Cepoko jasper sebagaiendapan alluvial ukuranbongkah 1-50 cm, coklatmerahhati, di Mrayan, jasper sebagaiendapan alluvial ukuran 5-25 cm, coklatmerahhati, di Badegan jasper sebagaiendapan alluvial membulatukuran 3-15 cm, warnacoklat – kemerahan); Kec. TulakandanArjosariKab. Pacitan (terdapatsebagaibongkahukuran 20-50 cm warnamerah-merahhati).

-         Nusa Tenggara Barat          :         Kab. Lombok Tengah, Kec. PamunjakdanLerengtimur G. MerejedandaerahAwang (terdapatsebagaiAagat, dankalsedonwarnaputih, kuning, kemerahan).

-         Maluku  :         Daerah Kasikuta, di hulu S. Kasikuta (terdapatpadaFormasiBacaan, merupakanurat-uratpadabatuanandesit yang berumurTersierBawah).


KelebihandanKekuranganKalsedon
Kelebihan
    1.   Memilikiwarna orange yang terdispersisehinggamemilikisifattransparant-          translucent
    2.   Memiliki banding yang memanjangsepertilayaknya agate
    3.   Berdimensibesar
    4.   Memilikibentuk yang menyerupaikerangbesar
    5.   Alamiahdanbelumdiproses.

Kekurangan
    1.   Terdapat bagian kotor yang susah dibersihkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar